Flying Metric System

Dear readers,

Salah satu daya tarik untuk terbang medium atau long haul adalah Flight Planning

Bahkan di virtual kita berusaha mensimulasikan prosedur penerbangan sebagaimana di dunia real.

Kali ini kita akan membahas preparing, operation dan pengertian mengenai bagaimana untuk terbang pada area yang menggunakan Metric System.

Berikut adalah airspace yang menggunakan metric system or non RVSM levels : (with convertion table between meters & feet systeml)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Russia

(Westbound) 180-359 degrees

  • 13100 m -43000 ft
  • 11600-38100
  • 10600-34800
  • 9600-31500
  • 8600-28200
  • 7800-25600
  • 7200-23600
  • 6600-21700
  • 6000-19700
  • 5400-17700
  • 4800-15700
  • 4200-13800
  • 3600-11800
  • 3000-9800
  • 2400-7900
  • 1800-5900
  • 1200-3900

(Eastbound) 000-179 degrees

  • 12100 m -39700 ft
  • 11100-36400
  • 10100-33100
  • 9100-29900
  • 8100-26600
  • 7500-24600
  • 6900-22600
  • 6300-20700
  • 5700-18700
  • 5100-16700
  • 4500-14800
  • 3900-12800
  • 3300-10800
  • 2700-8900
  • 2100-6900
  • 1500-4900
  • 900-3000

China

(Westbound) 180-359 degrees

  • 14300 m -46900 ft
  • 13100-43000
  • 12200-40100
  • 11600-38100
  • 11000-36100
  • 10400-34100
  • 9800-32100
  • 9200-30100
  • 8400-27600
  • 7800-25600
  • 7200-23600
  • 6600-21700
  • 6000-19700
  • 5400-17700
  • 4800-15700
  • 4200-13800
  • 3600-11800
  • 3000-9800
  • 2400-7900
  • 1800-5900
  • 1200-3900
  • 600-2000

(Eastbound) 000-179 degrees

  • 13700 m – 44900 ft
  • 12500-41100
  • 11900-39100
  • 11300-37100
  • 10700-35100
  • 10100-33100
  • 9500-31100
  • 8900-29100
  • 8100-26600
  • 7500-24600
  • 6900-22600
  • 6300-20700
  • 5700-18700
  • 5100-16700
  • 4500-14800
  • 3900-12800
  • 3300-10800
  • 2700-8900
  • 2100-6900
  • 1500-4900
  • 900-3000

Note : Pakistan, Iran , Afghanistan & South of China menggunakan normal feet system & Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan (apparently only below FL210) and Mongolia to the (russian) metric list.

Hal awal yang perlu kita persiapkan adalah Route dan anda wajib memahami  route tersebut.

Misalkan kita terbang dari Jakarta-Hong Kong dengan route sebagai berikut :

“DENDY W38 AMBOY P648 OSUKA M772 DULOP M771 DUMOL”

First, kita cari tahu fix mana yang merupakan entry point dari metric system.

Based on route above, fix tersebut adalah “ASOBA (N1722.4 E11434.2) wich is VHHK FIR” yang berada pada M772 airways.

More detail related with FIR Area in here : CAA.GOV

Selanjutnya anda conversi dari feet : misalkan ketinggian jelajah kita adalah FL330, maka dalam satuan metric “10100 meters” (lihat conversion table di atas)

Begitu pula mengenai “satuan” kecepatan, dimana China menggunakan N untuk Knots M untuk Mach number.

Penulisan di dalam flight plan yang benar adalah : ASOBA/N0460S1010 (N0640 = dalam satuan Knots & S1010 : 10100 dalam satuan metric)

Maka flight plan lengkapnya adalah : DENDY W38 AMBOY P648 OSUKA M772 ASOBA/N0460S1010 M772 DULOP M771 DUMOL

 

 

 

 

 

 

 


Berikutnya adalah contoh flight planning ketika kita terbang di wilayah rusia (yang juga menggunakan metric system, namun mengaplikasi satuan kecepatan K untuk Kilometer/ perhour.

Misal kita terbang dari Denpasar Bali – Moscow Domodedovo dan route yang kita dapatkan adalah :

“UDANG A576 SJ G579 VJR R325 VIH W531 VPL B579 PUT L515 OBMOG M770 KAKID M875 DI A466 TMD A66 ODIVA B824 URL G3 FE CORR7 AO CTR86 LO”

Maka seperti di atas, kita juga terlebih dahulu menentukan entry point pada saat masuk ke wilayah rusia, yaitu : TRZ (N3717.1 E06718.4 A466) yang merupakan bagian dari A466 airways.

Ingat bahwa Rusia menggunakan satuan kecepatan kilometer/ perhour.

Sehingga kita conversikan terlebih dahulu kecepatan jelajah kita dari knots ke kilometer di sini : Convert.web

  • 460 knots = 851.92 kilometer/ perhour, penulisan yang benar adalah “K0851”

Selanjutnya adalah konversi dari feet system ke metric system (kembali lihat table di atas), dengan ketinggian jelajah FL320 = 9600 meter = “S0960”

Sehingga route lengkap kita adalah :

UDANG A576 SJ G579 VJR R325 VIH W531 VPL B579 PUT L515 OBMOG M770 KAKID M875 DI A466 TRZ/K0851S0960 A466 TMD A66 ODIVA B824 URL G3 FE CORR7 AO CTR86 LO

 

 

 

 

 

 

 

 


Begitu pula jika kita terbang hanya melintasi ke dua negara di atas, setelah fix terakhir sebelum keluar dari metric system, maka kembalikan ke knots/ mach number dan normal feet system.

Terima kasih dan semoga sedikit penjelasan di atas dapat membantu rekan-rekan untuk memahami perbedaan masing-masing airspace system.

Note : This tutorial is intend & for flight simulator only

4 thoughts on “Flying Metric System

  1. Nice info mas ferdi, saya mau nanya nih, dari ulasan di atas kita bisa tau bahwa negara china menggunakan metric system dan untuk satuan kecepatannya menggunakan “knots”. Nah bagaimana untuk negara lain, seperti benua amerika atau afrika, apakah ada referensi untuk mengetahui informasi ini ? seperti untuk mengetahu FIR itu kan ada referensi nya di http://aoaws.caa.gov.tw/htdocs/projects/aoaws/sigmet/IcaoFirList.txt. Nah bagaimana untuk mengetahui satuan kecepatan suatu negara dan juga flight levelnya system nya ? sementara itu aja dulu, hehehe …
    Thanks sir🙂

    1. Hi mas,

      Sebenarnya hanya ada 2 negara yang masih menggunakan metric system (seperti ulasan di atas).

      Yaitu : Russia & China (Note : Pakistan, Iran , Afghanistan & South of China menggunakan normal feet system & Kazakhstan, Kyrgyzstan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan (apparently only below FL210) and Mongolia to the (russian) metric list.).

      Itu saja, sementara negara-negara lain menggunakan Level system🙂

      Cheer’s.

  2. Hi, little correction
    Russia sudah menggunakan RSVM dalam feet diatas TA
    jadi hanya menggunakan meter & QFE di terminal approach aja ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s