My Music Life!

 

Dear readers,

Mungkin beberapa rekan-rekan pernah mendengar band rock (progressive rock) dengan nama U9. Yep, band rock dengan idealisme dan music yang berlawanan dengan arah industri music saat ini.

U9 terbentuk 11 September 1997 di Surabaya Jawa Timur. Saat itu saya dan Nanda bersama teman-teman satu sekolah membangun band rock dengan nama Ungu dan mulai rajin mengikuti rock festival daerah maupun regional. Berpindah-pindah dari satu studio ke studio lainnya, latihan rutin 4-5 kali 1 minggu dan latihan drum 3 jam perhari merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan. terlebih pada saat itu tidak gampang untuk mencari studio yang baik. Alat music seadanya dan harga sewa studio yang cukup mahal membuat kita sedikit banyak harus berputar otak untuk berpikir soal band financial.

Baru sejak tahun 1998 saya membuat studio sendiri yang digunakan untuk keperluan pribadi dan dukungan dari orang tua pada saat itu sangat membantu saya untuk lebih bersemangat dalam bermusic. Prestasi demi prestasi sebagai juara festival rock di wilayah daerah dan regional membuat kita cukup diperhitungkan.

Sampai pada tahun 2001, kita memutuskan untuk mengikuti Festival Rock se Indonesia versi Log Zhelebour dan terpilih sebagai grup rock terbaik (juara) dari 500-an peserta Djarum Super Rock Festival IX yang digelar Stadion Tambaksari – Surabaya, 25 Agustus 2001. Dan saya terpilih menjadi best drummer pada kompetisi ini. Sejak inilah karir music saya benar-benar memasuki tahap baru. Kontrak album dengan produser rock terbaik di Indonesia, Tour dan Endorsement dengan salah satu product drum.

Saya masih ingat ketika lagu Ilusi (lagu yang kita ciptakan dan membuat kita juara) sempat dikritik oleh salah satu juri di festival tersebut, banyak dipengaruhi warna Dream Theater. Bagi saya, influence dalam semua hal adalah sesuatu yang wajar. Ketertarikan kita kepada salah satu jenis music tertentu sedikit banyak akan mempengaruhi cara kita dalam bermusic.

Lagu tersebut butuh waktu 2-3 tahun untuk diterima di masyarakat dan beratahan hingga lebih dari 10 tahun sejak album ini di release. Saat ini Ilusi tetap bertahan menjadi lagu wajib yang seringkali kita dengarkan setiap acara rock music atau festival rock di Indonesia. Apa keistimewaan dari lagu ini? buat saya, tidak ada. Bahkan menurut saya ini adalah lagu yang paling tidak saya suka. Odd drum concept, out of mainstream bar dan medium to high tempo selalu membuat saya malas membawakan lagu ini pada saat concer. Kenapa? simply because i dont like this song!

U9 baru merelease album pertama pada 2003 (2 tahun sejak menjadi juara). Kenapa butuh waktu 2 tahun? pergantian beberapa personal, jadwal masing-masing band member yang kurang mendukung serta study. Sejak merelase album 1 tersebut, karir music saya terus meningkat, schedule show, tour, clip dan interview mengisi hari-hari saya sejak 2003 sampai dengan 2008. Ikut terlibat dalam beberapa project band di luar U9, soloist dan drum clinic sebagai side project.

Pada titik tertentu kadang saya menganggap bahwa music activity seperti ini tidak selalu menyenangkan, berpindah dari 1 kota ke kota lain, membawakan susunan lagu yang sama setiap kali show dan kehilangan waktu berkumpul bersama keluarga membuat saya berpikir ulang apa yang sedang saya lakukan?

Tahun 2007 kita merelease album ke 2 (Complex) dengan Log Music, merekrut beberapa band member baru, dan konsep music yang lebih ringan dan back to rock and roll mainstream instead playing prog rock. Apakah keputusan ini tepat? tidak menurut saya. Setiap band memiliki cara bermain music berbeda-beda, dan U9 bukanlah band yang marketable dan bukan band yang dapat dijual. Mengikuti arah industri music merupakan tuntutan pada saat itu, namun saya tetap memiliki idealis dalam bermain music. Bagi saya, lebih baik pada masa yang akan datang, U9 di ingat sebagai band yang berbeda & band yang konsisten.

Beberapa wartawan majalah music sempat bertanya kepada saya “whats wrong with you guys? playing a rock music that no one want to hear this kind of music these day? It will another flat broke for you!

Dan saya jawab “so let it be, don’t let it bother you, don’t think about it, well at least im not” lol!

So here we are, kembali dengan aktifitas tour, clip dan sebagainya.

This slideshow requires JavaScript.

Sampai pada 2008-2009 dimana kita mencapai titik jenuh dalam bermusic dan memutuskan untuk vakum sementara waktu. Saya sibuk menghabiskan waktu untuk menyelesaikan sekolah, jamming, clinic drum dan berkumpul bersama keluarga & mengurus bisnis studio saya.

Dan di 2011 ini, U9 kembali masuk studio untuk merekam lagu-lagu terbaru kita, kembali ke mainstream awal yaitu Prog Rock dan kita juga memutuskan untuk membuat dan menyusun kembali lagu “Ilusi” dengan pattern-pattern yang lebih modern, distorsi yang lebih tebal dan lirik serta melody yang lebih menarik. Namun tetap, sampai saat ini U9 belum memutuskan apakah kita akan benar-benar kembali ke industri music, merelease major album dan kembali meneruskan karir music kita. Atau apakah U9 tidak akan pernah kembali? tidak akan pernah merelease album baru?

Well, that not a big deal anyway, im not intend to being a rockstar once again now..lol!

Dan memang situasi industri music pada saat ini belum memungkinkan U9 untuk berkarir kembali, daripada membuat suatu karya yang pada akhirnya juga akan dibajak atau tidak laku di pasaran, lebih baik kita  merelease album ini secara gratis bagi U9 community. Toh pada dasarnya kita hanya senang bermusik.

So here the new Ilusi, 2011 : Ilusi 2011 – Demo Version

Di blog ini saya juga ingin share lagu-lagu U9 yang belum pernah release dan lagu-lagu baru.

Savior – Recorded at Natural studio December 12th 2010

Masih Ada Waktu – Recorded at Natural studio December 14th 2010

Terima kasih telah membaca tulisan saya.

Keep the spirit folks!

9 thoughts on “My Music Life!

  1. maju terus u9,, aku selalu mendukung kalian… tata cara n aransemen musik kalian sangat pass di hatiku… sangat kuat karakter musik kalian dan aku suka itu…

  2. saatnya menggebrak dengan idealisme bermusik
    ndak mengikuti pasar
    karena ini ada hobi, kesenangan dan kepuasan

  3. kalau bermusik udah menjadi bagian hidup kenapa U9 harus vakum, itu memang pilihan, yang penting tetap semangat aja, bro!

Leave a Reply

