My Interest for Virtual Airline?

Dear readers,

Perkembangan teknologi informasi internet telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Dengan adanya teknologi internet telah merubah gaya hidup masyarakat Indonesia yang primitif menuju masyarakat modern. Salah satu manfaat dari internet saat ini adalah dapat digunakan sebagai sarana networking terhadap hobby aviasi, mulai dari komunitas aviasi secara umum sampai dengan komunitas spesifik seperti virtual flying networking/ virtual airline.

So, whats is virtual airline? anda tentu bertanya bagaimana sebuah organisasi independen/ komunitas dapat membuat simulasi kegiatan pada dunia penerbangan aslinya bukan? Saya akan coba menjelaskan secara detail apa yang dinamakan dengan virtual airline (VA). VA adalah sebuah organisasi hobi khusus yang telah berkembang pesat selama 10-15 tahun terakhir, menggunakan software Microsoft Flight Simulator atau XPlane sebagai model kegiatan operasional sebuah maskapai penerbangan pada dunia aslinya.  Sebagai replika dalam batas-batas virtual, sebuah VA menawarkan karir virtual persis sebagaimana jika anda menjadi seorang penerbang active yang bekerja pada suatu maskapai penerbangan. Beberapa VA modern juga telah melengkapi fasilitas mereka dengan prosedur terbang (flight procedure), logbook (catatan terbang), schedule yang di adopsi dari operasional sebuah maskapai penerbangan, flight assignment, communication software, flight statistics and tracking, airline hubs serta banyak fasilitas lain.  Seluruh fasilitas ini di simulasikan secara gratis melalui komputer personal anda.

Lalu bagaimana perkembangan komunitas ini di Indonesia? Beberapa tahun yang lalu, flight simulator fans di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara-negara lain yang sudah mulai mengenal serta mensimulasikan VA sejak belasan tahun yang lalu, bahkan cukup banyak VA yang merupakan endorsement atau afiliasi resmi dari maskapai aslinya. Kita ambil contoh salah satu VA yang active selama kurang lebih 15 tahun, Virtual Air Canada (VAC). Sejak tahun 1998, VAC telah merealiasikan simulasi VA sebuah maskapai nasional Canada, yaitu Air Canada. Mereka bahkan memiliki akses terhadap operasional harian Air Canada termasuk flightplanning, weather, NOTAM, ETOPS calculation dan sebagainya. Saya harus katakan bahwa VAC merupakan salah satu VA terbaik di dunia dan representatif yang sempurna dari Air Canada. Bahkan melalui beberapa ulasan pada majalah virtual, mereka berhasil memperkenalkan brand Air Canada terhadap komunitas International yang jumlah nya tidak sedikit (beberapa penilitian menunjukan saat ini ada lebih dari 800.000- 1.5 juta flight simulator fans di seluruh dunia), crazy isn’t?

Lalu bagaimana dengan perkembangan VA di Indonesia? Secara umum, era 1997-2007, komunitas flight simulator di Indonesia masih terbatas pada diskusi melalui media forum, offline virtual flying dengan segala keterbatasan yang ada pada saat itu. Sehingga secara umum, pada era tersebut kita belum mengenal apa itu virtual airline serta masih sangat awam terhadap hobby ini. Beberapa teman serta saya sendiri memilih untuk bergabung beberapa VA Eropa/ U.S.A sebagai member agar dapat menyalurkan hobby saya dan menikmati fasilitas virtual career as a virtual pilot.

Hingga pada akhir 2007/ 2008, saya mulai berpikir untuk membuat sebuah virtual airline Indonesia agar dapat menampung hobby para penerbang virtual kita dan tentu saja agar mereka tidak tergantung dengan VA besar lain di Eropa/ U.S.A. Pemikiran awal saya adalah bagaimana agar kita dapat memiliki fasilitas yang baik serta memperkenalkan bahwa Indonesia juga memiliki virtual airline yang paling tidak setara dengan VA-VA besar saat itu. Maka saya putuskan untuk mulai suatu project yang kita namakan “Maskapai Virtual Indonesia (MVI)“, ini adalah cikal bakal VA pertama yang ada di Indonesia dengan fasilitas yang realistik. Bekerja sama dengan Nanda Arfianda sebagai project manager dan Lorensius Londa sebagai system developer, project ini selesai dalam waktu kurang lebih 5 bulan. Dan tentu saja seluruh fasilitas tersebut gratis. Lalu bagaimana mengenai kebutuhan financial dalam project ini? Saya dan Nanda sepakat untuk membiayai seluruh pengeluaran project ini, mulai dari system development, server dan domain. Big success! MVI menjadi barometer virtual airline di Indonesia dengan jumlah active member mencapai 300-400. Sejak saat ini lah, komunitas flight simulator fans di Indonesia mengenai sebuah virtual airline.

Hingga pertengahan 2011 dimana saya memutuskan untuk menutup MVI dikarenakan beberapa masalah pada core database system sehingga tidak memungkinkan untuk MVI agar dapat terus berkembang, di sisi lain saya berambisi agar VA Indonesia memiliki kualitas yang setara atau bahkan lebih baik dibandingkan VA-VA besar di dunia. Oleh sebab itu, saya kembali memulai dari awal sebuah VA project baru, yaitu “Garuda Indonesia Virtual (GIV)” dengan merekruit salah satu VA developer terbaik di Eropa dan telah berpengalaman membuat VA-VA besar, yaitu Jbussemaker.com dengan VA core system yang dinamakan Integrated Pirep System (IPS) serta bekerja sama dengan Jean, seorang designer website (France) dan saya juga melibatkan Indonesia talent website programmer, Kevin Susanto. Dalam waktu kurang lebih 5 hari, project ini telah selesai dan kita mulai melalukan core & system test. 16 Juli 2011, akhir Garuda Indonesia Virtual resmi beroperasi dan pada hari pembukaan tersebut, kita menerima 40 virtual pilot report (PIREP), ini menunjukan antusias pada flight simulator fans Indonesia yang sangat tinggi. Seluruh pengeluaran/ financial project tersebut sekali lagi menjadi tanggung jawab saya, dan Garuda Indonesia Virtual tidak menerima donasi dalam bentuk apapun dari member. VA ini terus berkembang, mulai dari pembenahan system yang secara rutin kita implementasi serta website design dan jumlah member yang semakin besar (saat ini lebih dari 300 member dari seluruh dunia). Namun yang tepenting adalah, GIV berhasil menjadi VA Indonesia yang di anggap salah satu VA terbaik di dunia oleh komunitas International. Pada titik ini, sepertinya ambisi saya telah tercapai, push the creativity to the limit and proved nothing impossible to create such realistic virtual airline bagi Indonesia. Serta memperkenalkan brand Garuda Indonesia pada ratusan ribu world flight simulator fans.  Namun sekali lagi, saya berpikir untuk terus meningkatkan fasilitas yang kita miliki dan tidak stagnant pada titik tertentu. Butuh waktu hampir 3 tahun sampai akhirnya, GIV bergabung pada VA Alliance yang merupakan gabungan dari VA-VA terbaik yang eksis serta dianggap sebagai “World Leading Virtual Airline”

G3_zpsd264f6cb

 

 

 

 

 

 

 

 

Menyusul kemudian project saya selanjutnya, kembali bekerja sama dengan Nanda Arfianda sebagai VA President & Avia Dirgantara sebagai Executive & Board of Director, yaitu LionGroup Virtual yang sekali lagi merupakan project success yang mendapat banyak apresiasi positif dari komunitas International. Side project pun bermunculan, dari mulai membantu beberapa VA Asia & Middle East (Saudi Arabian Arabia Virtual) sampai dengan mempresentasikan salah satu airline baru di Dubai (Flydubai Virtual Airline) ke dalam batas-batas virtual.

Lalu bagaimana perkembangan virtual airline dalam waktu 3-5 tahun ke depan? Dengan ratusan atau bahkan ribuan VA di dunia saat ini, tentu saja kita (Indonesia) harus dapat bersaing, terus berkembang dan mempertahankan kualitas kita. Dalam hal ini, 1 goal telah kita capai bersama, namun saya percaya bahwa seluruh pencapaian GIV & LGV saat ini, baru merupakan awal atau start yang baik, tergantung bagaimana kita terus mengembangkan masing-masing VA ke depannya. Saya sendiri akan terus berkomitmen bagi hobby ini dan bagi komunitas Indonesia.

Thanks for reading!

4 thoughts on “My Interest for Virtual Airline?

  1. good job
    hopefully all indonesian virtual airline can make their own “relationship” to show th e world THIS IS INDONESIA
    many thanks to all peoples has lead this struggle, we are with u guys.
    we,you,us,and me are INDONESIA!

    INDONESIAN SPIRIT

    1. Hello simply acceess any virtual airline website you want to and register. No mostly its a free community, doesn’t have to pay at all. However it will also need the flight simulator software as based platform.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s